Jumat, 30 Desember 2016

Simple CRUD php dengan konsep PDO (PHP Data Object)

sibuknya kuliah membuat saya absen ngeblog berminggu-minggu nih..banyaknya tugas negara dan "always ngoding" lah yang membuat blog saya ini terbengkalai dan mungkin karna saya sempat hopeless karna blog saya ini berulang kali ditolak oleh AdSense hmm..
oke tapi saya tidak akan menyerah, buktinya kali ini saya akan share crud sederhana buat para php lovers nih yaitu Simple CRUD sederhana menggunakan PHP Data Object atau bisa disingkat menjadi PDO.

Pengertian PDO (PHP Data Objects)

PDO (PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server. Maksud istilah “interface universal” disini adalah bahwa PDO tidak terikat dengan aplikasi database tertentu. Apabila saat ini kita menggunakan database MySQL dan dikemudian hari ingin bermigrasi menggunakan PostgreSQL, kita hanya tinggal mengganti cara pemanggilan awal PDO dan seluruh kode program yang ada bisa langsung digunakan untuk database baru.
Kondisi ini berbeda jika menggunakan mysql extension atau mysqli extension. Kedua extension ini hanya bisa bekerja dengan database MySQL. Karena alasan inilah banyak sebaiknya kita mulai beralih menggunakan PDO dibandingkan mysqli.
Secara teknis, apabila menggunakan mysql atau mysqli extension, PHP langsung berhubungan dengan MySQL Server, tetapi jika menggunakan PDO, ia tidak berhubungan langsung dengan database, tetapi hanya sebagai “interface”. Konsep PDO ini dapat digambarkan sebagai berikut:
PHP PDO –> Database Driver –> Database Server
PDO bekerja dengan metode yang disebut “data-access abstraction layer”. Artinya, apapun jenis database server yang digunakan, kode PHP yang ditulis akan tetap sama. PDO menyediakan “abstraction layer” untuk berkomunikasi dengan database server.
Untuk menggunakan PDO, kita harus mengaksesnya menggunakan object. PDO tidak menyediakan cara penulisan procedural style seperti mysqli atau mysql extension.

Jenis Database Server yang didukung PDO

Hingga saat penulisan tutorial ini (PHP versi 5.6) PDO mendukung setidaknya 12 jenis Interface/Database Server:
  •    CUBRID
  •    MS SQL Server
  •    Firebird
  •    IBM
  •    Informix
  •    MySQL
  •    MS SQL Server
  •    Oracle
  •    ODBC and DB2
  •    PostgreSQL
  •    SQLite
  •    4D
Dapat dilihat bahwa PDO mendukung banyak aplikasi database populer seperti: Oracle, Microsoft SQL Server, dan PostgreSQL. Dengan membuat kode PHP menggunakan PDO, secara tidak langsung kita juga membuka kemungkinan untuk menggunakan database server selain MySQL, sehingga menjadi lebih fleksibel.

oke beberapa file yang akan saya berikan diantaranya yaitu :

  1. crud_oop.sql adalah file database yang harus di impor lewat phpmyadmin
  2. index.php untuk menampilkan form input data, disini ada beberapa kolom input yang saya buat termasuk 3 button yaitu tambah, lihat mhs dan batal.
  3. list.php untuk menampilkan record atau isi data yang sudah ada didalam database crud_oop.sql.
  4. edit.php untuk menampilkan data yang diseleksi untuk edit data.
  5. library.php didalamnya terdapat class yang isinya method mulai dari create data, read data, update data dan delete data yang bisa kita gunakan di index untuk input data, di list untuk read data dan delete data, kemudian di edit untuk mengupdate record data.
berikut ini beberapa Screenshoot dari Simple CRUD PDO

1. Form menu index.php



2. Form menu list.php


3. Form menu edit.php


Source Code bisa di download dibawah ini :

Sumber : http://www.zaqi.ekanum.com/v2/

5 komentar:

Copyright © Primateknoit | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com